Sabtu, 28 Januari 2017

Review Goblin (Guardian: The Lonely and Great God)

Annyeong!

Akhirnya sempet ngepost juga. Kali ini gue bakal bahas drama Goblin. Drama yang menemani gue dari 2 December 2016 sampe 21 Januari 2017 ini bener-bener drama yang susah untuk di move on-in. Dramanya Kim Eun Sook emang gitu ya. Haha.

Sebenernya ini bukan review sih, lebih ke arah curhatan dan galauan karena sehabis Gobin tamat gue bingung harus mencurahkan perasaan yang membludak ini kesiapa. Jadi mohon dimaklumi kalau-kalau banyak spoiler di sana-sini. Ah ya, langsung aja deh. Sekali lagi ini bukan review ya gengs. Jadi maaf kalo curhatannya pun ga berurutan.

  •  Gong Yoo as Kim Shin, Goblin

Kim Shin ini adalah Goblin, manusia siluman yang hidup selama 939 tahun di dunia entah sebagai hukuman atau hadiah. Dia bisa hidup selama itu karena di dada-nya ada pedang yang nancep dan hanya bisa dicabut oleh pengantin Goblin, biar si Goblin bisa menjadi debu dan mati dengan tenang.

Yang mainin Gong Yoo. Jelas bukan tampang Goblin banget kan. Di awal episode, karakter Kim Shin ini diceritain sebagai panglima yang menang perang tapi akhirnya di bunuh sama si Raja yang iri. Dan juga adiknya Kim Shin ini nikah sama Raja.

  • Kim Go Eun as Ji Eun Tak
Ji Eun Tak ini adalah anak SMA kelas 3 yang umurnya 19 tahun. Dia adalah pengantin Goblin, anak yang harusnya mati tapi karena diselametin sama Goblin jadilah dia Jiwa Yang Hilang, karena stempel pengantin Goblin itulah Ji Eun Tak bisa ngeliat hantu juga. Dan karena kemampuan inilah walupun dia ceria, tapi tetep aja kebanyakan temennya adalah hantu. Kkkk

  • Lee Dong Wook, as Wang Yeo as Kim Woo Bin also known as Grim Reaper

Grim Reapper atau bahasa koreanya adalah Joseong-saja. Bahasa Indonya adalah pencabut nyawa.Dia ini udah hidup selama 300 tahun sebagai pencabut nyawa, udah termasuk senior lah di kalangan Joseong-saja, tapi sayangnya dia amnesia, dan karena dia nangis waktu ngeliat Sunny sejak pertama ketemu, makanya dia penasaran sama ingatan yang hilang itu. Juga, pas ngeliat lukisan adeknya Kim Shin, dia nangis juga.
Dan ternyataaaaa, dia adalah reingkarnasi dari Wang Yeo, si Raja, adek iparnya Kim Shin, suaminya Kim Sun.
.
  • Yoo In-na as Kim Sun, also known as Sunny

Sunny atau nama aslinya Kim Sun-hee ini adalah seorang pemilik restoran ayam yang cantik. Dia pertama kali ketemu sama Grim Reaper waktu di tukang jualan aksesoris di jalan. Rebutan cincin. Akhirnya jatuh cinta. Dan yah, yang jualan juga dewa. Dan karena cincin itu, pertemuan mereka terus berlanjut, sampe mereka sadar bahwa di masa lalu hubungan mereka gak main-main.

  • Yook Sung Jae as Yoo Deok-hwa
Deok Hwa adalah keponakannya Kim Shin, keturunan keluarga Yoo, chaebol tapi masih ngemis kartu kredit sama kakeknya. Deok Hwa juga kadang jadi jelmaan kupu-kupu, yang udah nonton pasti ngerti. Dimana ada Deok Hwa disitu pasti bikin senyum. Kemunculan Deok Hwa biar cuma sebentar tapi menghibur banget.

 
Ada beberapa karakter lain yang gak boleh ditinggalin juga. Kaya Presdir Yoo, Sekertarin Kim dan juga berbagai hantu yang datang silih berganti di kehidupan Ji Eun Tak.

Haha. Pertama kali nonton episode 1 Goblin jujur aja gue sama sekali gak mudeng ini drama tentang apa. Nonton Goblin juga karena banyak temen yang pada ngehebohin Goblin, ada Sungjae-nya pasti dan juga karena gue demen ama yang tema-tema fantasy alias khayalan tingkat tinggi. Jadi ya udah dicoba aja. Episode 1 sama 2 sendiri punya durasi yang gak maen-maen, 90 menit coy! Iya pertama ngeliat mah ngerasa gitu, giliran udah ke pertengahan episode 90 menit juga rasanya kurang. Hehe.
 
Tau Gong Yoo itu dari dia main di Big, dan karakter dia di sana sama di sini beda-beda tipis lah. Rada childish dan absurd tapi disitu nilai lebihnya. Kim Go Eun sendiri juga gue liat pas dia main di Cheese in The Trap, dan karena ending yang begitu, gue harap di Goblin nggak digituin dan IYA.

Goblin di awal-awal emang mesti banyak mikir dan harus nonton ulang berkali-kali. Apa coba maksudnya ada Kim Min Jae sama Kim So Hyun yang mati, terus yang ditabrak di tengah jalan bersalju itu siapa, siapa juga itu nenek-nenek, yang jadi pengantin Gobli itu emak apa anaknya, yah.. pertanyaan pertanyaan seperti itu bakal terjawab seiring berjalannya episode kok. Lama-lama juga mudeng sendiri. Lama-lama juga baper sendiri.

Hubungan Ji Eun Tak sama Kim Shin sendiri sebenernya udah ribet. Jiwa Yang Hilang sama Goblin. Yang satu dikejar-kejar malaikat maut, yang satu lagi ada pedang di dadanya. Udah scared aja bakal sad ending dari ngeliat karakternya doang. Tapi ditonton aja tetep..

Berhubung karakter mereka aja udah ribet, ada baiknya hubungan mereka tidak punya orang ketiga. Sempet mucul Tae Hee Oppa juga cuma buat bikin Kim Shin jadi absurd tingkahnya. Walau terkesan tarik ulur, tapi interaksi mereka bener-bener menghibur. Apalagi kalo udah ada si Grim Reaper, ada si Deok Hwa, mereka berempat suka bikin ketawa-ketawa tiap nonton. Ya bir jadi es lah. Telor jadi beku lah, piring pada pecah, garpu sendok pada melayang, semuanya lucu.

Walau di episode menjelang ending udah mulai dikit porsi begitunya.

Selain Kim Shin sama Ji eun Tak, Goblin juga punya Sunny sama Joseong Saja. Kisah cinta mereka ini sebenernya manis. Bahkan dari jaman Goryeo pun kisah cinta mereka udah manis. Tapi takdir macem apa coba yang bisa nyatuin malaikat pencabut nyawa sama manusia? Itu dia yang bikin sedih. Meniding pada nonton sendiri aja lah yah.. Gakuat nyeritainnya wkwk. Eh iya, ost khusus untuk mereka yang dinyanyiin Soyou - I Miss You juga enak banget di dengerin. Kek ada sedih sedih nyeeesss gimana gitu.

Eh iya, salah satu kelebihan Goblin itu ya karena ost mereka enak semua. Easy Listening banget sampe-sampe semuanya gue download. Tapi yang paling mantep adalah yang Ailee- I Will go to You Like First Snow. Siapa yang setuju?! Pasti semuanya. Orang di Korea aja ini lagu raih Perfect All Kill.

Untuk segi cerita sendiri, Goblin adalah drama fantasy yang wajib kalian tonton kalo ngaku seneng Korea. Ceritanya anti mainstream dan suka bikin nebak-nebak ending bakal seperti apa. Yah, selain Nice Guy, Goblin adalah drama dengan lompat waktu paling jauh. Karena ini drama khayalan jadi ya fix fix aja sih. Dari Ji Eun Tak belom lahir, terus umur 19 tahun, terus umur 29 tahun, dan kemudian mati, 30 tahun kemudian dan bahkan sampe reingkarnasi Sunny - Wang Yeo, Ji Eun Tak umur 19 lagi si Kim Shin masih hidup. Wekekek.

Di Korea sendiri tahun 2016 emang lagi musim drama Hubungan Jarak Jauh alias beda dunia kayanya. Coba aja liat Awewe, The Legend, gitu kan.. Kalo tahun 2015 kan masalah kepribadian, kaya Heart to Heart, Kill Me Heal Me, dan kawan kawannya. Eh 2016 juga jamannya anak boyband main drama sageuk sih, hahaha. Entahlah nanti tahun 2017 bakal jadi musim apa, tapi yang jelas bakal tetep pantengin drakor sih...

Btw, terimakasih Goblin, sudah menemani selama 2 bulan lebih ini, sudah membuatku bergalau galau ria karena ost dan juga Kim Shinnya. Apalagi Sunny sama Joseong saja. Terimakasih sudah memberikan kami urri Deok Hwa yang pengin nikah tapi kaga punya pacar. Terimakasih sudah mengajarkan bahwa kita harus menghargai kehidupan yang di beri ke kita, jangan coba-coba bunur diri atau nanti lo bakal jadi joseong saja. Untuk menyadarkan kita bahwa hidup kelamaan juga ngga enak. Hidup terlalu sebentar pun harus bisa dijalani dengan baik. Bahwa cinta pertama itu ga akan berhasil. Eh. Haha.

Sudahlah, udah capek ngetik. Niatnya abis ini mau bahas Hwarang, tapi liat aja nanti ya. Lagi nunggu episode spesial Goblin juga.

Ah Goodbye Goblin! ini foto-foto pestaperpisahannya yg katanya tertutup.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar